SMP Alternatif Krandon Lor Kec. Suruh Kab Semarang

Februari 13, 2008 at 4:21 am 9 komentar

Salah satu dari sebelah komunitas belajar alternatif qaryah thayyibah adalah komunitas belajar SMP Alternatif Qaryah Thayyibah Harapan Makmur Krandon Lor Kec. Suruh Kab. Semarang. SMP Alternatif ini menempati ruang tiga lokal di pinggir sawah di belakang SD Krandon Lor II dekat balai desa Krandon Lor. Pagi-pagi di sini ada 16- an anak yang berlalu lalang dengan kesibukan masing-masing. ada yang edit klip, buka encarta, atau sekedar bincang-bincang mengenai sesuatu. Namun ada juga yang sibuk maen bola, atau sekedar duduk-duduk mendengarkan lagu.
Komunitas belajar ini berdiri pada tahun 2004. Diawali dengan pertemuan antara pengelola dengan Warga Krandon Lor pada bulan Januari 2005. Akhirnya pada juli 2005 SMP Alternatif ini mulai running. SMP ini mencoba berjalan dengan bertumpu pada kekuatan desa. Tanpa menafikan kekuatan luar SMP ini kemudian berjalan dan masih beraktifitas hingga kini.

Konsep yang di erapkan pada SMP ini sama seperti komunitas belajar alternatif lainnya yaitu pendidikan yang memandirikan, mencerdaskan dan memerdekakan. Dengan berjalan pada sarana dan prasarana yang serba terbatas, nampak para siswa tetap bersemangat belajar hingga saat ini telah kelas III. Begitu juga dengan adik kelasnya kelas II dan kelas I.

Di dalam kelas tidak ada kursi dan meja yang tertata rapi, tidak ada guru di depan kelas, tidak ada papan tulis penuh tulisan. Di dalam hanya nampak tiga unit komputer, buku berserakan di meja, tas terletak di kursi, dan lembaran-lembaran print out soal-soal UAN sebagai latihan. Lembaran soal UAN tersedia di komputer mulai tahun 1986 hingga tahun 2006. Siswa tinggal buka, print, dan kerjakan. Pelajaran apa yang akan dipelajari tergantung mood hari itu. Adapun komputernya yang satu pentium II, satu pentium III dan satu lagi AMD. Yang AMD ini biasanya untuk editing film, atau membuat klip.

Siswa lain nampak menenteng handycame kesana kemari mengambil gambar. Kemudian di capture ke komputer sebagai stok shoot. Kalau ada waktu dijadikan bahan membuat klip. Selain itu siswa SMP alternatif krandon lor ini juga membuat film cerita. Siswa membuat jadwal kegiatan belajar sendiri, mencari teman atau membuat tim untuk berkegiatan sendiri, dan mengelola kegiatannya sendiri.

Menurut Jumanto, siswa kelas II di SMP ini telah ada sekitar 5 klip lagu yang telah jadi semenjak SMP ini memiliki komputer yang bisa untuk edit film november tahun 2006 lalu. Pembelian komputer berbarengan dengan pembelian handycame kecil miniDV. Dua alat ini klop dan saling melengkapi sehingga kreatifitas dan keinginan siswa membuat klip alternatif bisa terekspresikan. Jumanto sendiri sedang membuat klip lagunya vegatoz berjudul saat kau pergi. Modelnya temannya sendiri bernama Maryam.

Nurul, salah satu siswa SMP Alternatif terlihat membentangkan kertas karton berisi garis dan tanda-tanda dengan pensil. Dia mengatakan tengah membuat peta desa krandon lor bersama beberapa rekannya. pembuatan peta ditujukan untuk mengetahui lebih jauh tentan seluk beluk desa. Peta dibuat dengan berjalan kaki menelusuri ruas-ruas jalan di desa tersebut. ketika jalan itulah peta jalan, letak rumah dan pemilik rumah dipetakan dalam buku gambar yang dibawanya. Kemudian gambar tersebut dipindahkan dalam karton yang lebih besar dan digambar dengan lebih baik. Teman lainnya mencatat nama pemilik rumah yang dilaluinya.

Masih menurut Nurul, siswa SMP alternatif krandon lor telah memiliki peta mata air yang ada di krandon lor. Peta mata air ini dibuat musim kemarau tahun lalu dan kebetulan waktu itu pemetaannya dijadikan kegiatan pengisi bulan ramadhan. Nurul mengatakan bahwa di krandon lor ini kalau musim hujan air begitu banyak berlimpah-limpah dan banyak sekali yang terbuang. Tapi di musim kemarau tanah pertanian pecah-pecah karena kekurangan air, bahkan sumber air yang untuk mandi dan mencucipun pada mati.

Iklan

Entry filed under: Uncategorized.

Konsolidasi Jaringan kerja paguyuban petani Kab. Semarang RUAS III SPPQT telah dilaksanakan

9 Komentar Add your own

  • 1. Patrick AMP Manurung  |  April 9, 2008 pukul 1:44 am

    Insipiratif banget. Kalau ada foto-fotonya asik juga.

    Balas
  • 2. alif  |  Juli 20, 2008 pukul 8:54 pm

    apakah pendidikan kita selamanya akan seperti ini??

    Balas
  • 3. sppqt  |  November 20, 2008 pukul 6:20 am

    iya tuh kapan berubahnya?

    Balas
  • 4. prasetyo dewanda gorezi  |  Juli 17, 2009 pukul 12:47 pm

    wkwkwkwkwkw

    Balas
  • 5. Muhar Daryono  |  Agustus 22, 2009 pukul 2:38 am

    Baguslah kalau kampung asal ku mulai pada maju, pasti kami akan mendukung demi kemajuan bersama.

    Balas
    • 6. Haryono  |  September 11, 2009 pukul 7:43 pm

      sangat setuju dengan Mas Muhar Daryono kita tidak boleh mengesampingkan sistem pendidikan yang seperti ini yang kadang kala outputnya jauh lebih bagus dari sekolah2 reguler.

      salam dari new jersey

      Balas
    • 7. sppqt  |  September 14, 2009 pukul 7:46 am

      siiipppp….
      kadang pemikiran maju harus berjuang sendirian karena kekuatan lama yg takut tergantikan.
      di krandon ada orang yg bisa di contak. ada mujab: mujabmail@gmail.com.

      Balas
  • 8. ariyuli  |  Februari 8, 2010 pukul 3:24 am

    sippp (he he ) melu-melu moderator.

    Balas
  • 9. Muhar Daryono  |  Maret 5, 2010 pukul 1:40 am

    Ok, semoga sukses selalu, kalau bisa kita buat paguyuban, teman-teman yang berasal dari krandon lor, untuk saling sharing tentang pengalaman yang telah dialami, sehingga kampung kita semakin banyak menelurkan pemimpin-pemimpin yang bisa membuat kemajuan bangsa,.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Sekretariat:

Jln Ja'far Shodiq 36 Kalibening Tingkir Kota Salatiga. Phone (0298) 311438.
Februari 2008
S S R K J S M
« Jan   Apr »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  

%d blogger menyukai ini: