RUAS III SPPQT telah dilaksanakan

April 15, 2008 at 4:44 am Tinggalkan komentar

Setelah ditunda hingga tiga kali akhirnya RUAS (rapat umum anggota serikat), semacam kongress, telah dilaksanakan dengan lancar tiada halangan yang berarti. Ruas yang diselenggarakan pada rabo-jumat, 9-11 April 2008 ini telah berhasil melahirkan jajaran pimpinan baru sekaligus struktur organisasi baru yang beda dengan periode sebelumnya.

Struktur organisasi baru inilah yang menyita waktu pembahasan hingga berbulan-bulan mengingat persebaran anggota yang semakin banyak yang menuntut kinerja organisasi yang makin efektif ditengah jumlah pegiat yang relaif sedikit, karena SPPQT adalah sebuah ormas. Hal lain yang dihasilkan adalah Anggaran dasar baru, dan garis-garis besar program perjuangan petani (GBPP), semacam GBHN atau renstra.
Dalam struktur terdahulu memakai sistem bikameral, artinya ada eksekutif dan ada legislatif. persoalannya kemudian terletak pada efektifitas dan efisiensi kinerja organisasi. Pengambilan keputusan tidak bisa berjalan cepat sementara banyak hal menuntut penanganan cepat. organisasi berjalan dengan melalui dua lapis birokrasi. Jumlah pegiat dibandingkan jumlah dan persebaran anggota menjadi tidak seimbang. pemanfaatan waktu dirasa kurang efektif. Hal ini menyebabkan anggota merasa ada kendala dari sistem yang dipakai organisasi. Akhirnya sistem dirombak.
Struktur organisasi baru berakibat pada bentuk kepmimpinan baru pula. Kalau dulu ada dua kepemimpinan yaitu ketua pelaksana dan ketua pengurus selaku eksekutif dan legislatif sekaligus pengontrol, kini kepemimpinan menjadi satu kamar.

Representasi anggota menjadi permusyawaratan pengurus, berisi 17 orang dari wakil kawasan dan perwakilan perempuan yang dipilih dalam RUAS. Dari pengurus ini kemudian terpilih pula pimpinan harian yang juga dipilih melalui RUAS juga. Pimpinan harian inilah yang selain anggota permusyawaratan juga menjadi pengawas langsung pelaksanaan kerja-kerja organisasi. pelaksana kemudian diganti departemen-departemen. Setiap departemen di kepalai oleh seorang kepala departemen. Di departemen inilah program-program di SPPQT diwadahi.
Dipilih sebagai pimpinan harian dewan pengurus adalah Faisol menduduki ketua, Ruth MS sebagai wakil ketua, dan Asrofi sebagai sekretaris. Adapun anggota permusyawaratannya adalah Marjan Sadzali dari kawasan Senjoyo hulu meliputi seluruh anggota di Kota Salatiga, Asrofi Muhammad untuk kawasan senjoyo hilir, untuk anggota di daerah aliran Senjoyo meliputi kawasan kab semarang bagian selatan dan timur. Masih di kawasan Kab Semarang bagian selatan ada Basirun Mas’ud untuk kawasan Jogosatru. Kawasan Rawapening dan sungai Tuntang diwakili Faisol yang meliputi Kab Semarang dan Grobogan sepanjang diwakili mantan ketua paguyuban petani Merbabu.

Untuk Anggota di Wilayah Wonosobo yang tersebar di kawasan Gunung Sindoro mewakilkan Nurwadi. Kawasan Gunung ungaran meliputi anggota di Kab. Semarang bagian utara mewakilkan Wagiyo. Kawasan Kendal diwakilkan oleh Dwi Eko S. Anggota SPPQT di seputar Kedungombo meliputi kab Sragen dan Boyolali mewakilkan KM. Mursyid. Anggota SPPQT di Kawasan penyangga kedungombo diwakili oleh suluri. Kawasan Temanggung bagian timur atau Gunung Payung meliputi anggota SPPQT di Kec. Kaloran, Kandangan dan Kranggan diwakili oleh Rukimin.

Sedangkan anggota di kawasan Magelang barat atau kawasan SUmbing diwakili oleh Agus Wahid. kawasan Merapi meliputi Selo dan Cepogo diwakilkan oleh Mudzakir. Ada dua anggota kehormatan yaitu KH Mudzakir dari kawasan Rawapening dan Siti Isriyah dari PP. Gedongsongo. Sedangkan pewakilan dari unsur perempuan ada Ruth MS, dan Sugiarti.

Keseluruhan anggota Dewan Pimpinan Petani SPPQT ada 17 terdiri atas 14 laki-laki dan 3 perempuan.
RUAS ini dihadiri oleh 44 paguyuban dari 55 paguyuban anggota SPPQT. Sedangkan calon paguyuban yang hadir ada 40 dari 44 yang terdaftar. Penyelenggaraan RUAs III ini adalah sekretariat SPPQT berkerjasama dan bertempat di paguyuban petani Al Hikmah Ketanggi, Kecamatan Suruh Kab Semarang.

Iklan

Entry filed under: Uncategorized.

SMP Alternatif Krandon Lor Kec. Suruh Kab Semarang GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PERJUANGAN (GBPP – SPPQT)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Sekretariat:

Jln Ja'far Shodiq 36 Kalibening Tingkir Kota Salatiga. Phone (0298) 311438.
April 2008
S S R K J S M
« Feb   Mei »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

%d blogger menyukai ini: