Jambore Pendidikan Alternatif I

Agustus 4, 2008 at 7:04 am 1 komentar

Sekitar 200 -an warga belajar komunitas belajar alternatif di lingkup qaryah thayyibah melakukan jambore bersama. Jambore ini dilakukan pada 31 Juli hingga 2 Agustus di Desa Sempulur Kec. Karanggede Kab Boyolali. Kegiatan yang ditujukan untuk mempererat komunikasi dan sharing kreasi ini mendapat sambutan antusias dari peserta jambore dan masyarakat. Banyak karya dilahirkan dari jambore ini mulai dari film, teater, musik dan unjuk kebolehan seperti pecinta alam. Pada bagian lain ada demonstrasi dan sharing mengenai bertani organik, menanam stowberry, berternak kelinci dan banyak sekali benda-benda kerajinan.
Lokasi jambore sungguh luar biasa. lapangan rumput luar milik desa, di kelilingi hamparan sawah di sebelah barat, utara dan timur, perkampungan di bagian tenggara hingga selatan, dekat masjid, dekat jalan dan mobil bisa sampai lapangan. Kira-kira seratus meter ada sungai besar melingkar dari arah barat, utara hingga timur laut. Peserta banyak yang mandi dan bermain disitu. Forum teater bahkan seharian betah berlatih di sungai yang banyak sekali bebatuannya. Bisa untuk duduk-duduk disitu. Penduduknya juga ramah. Peserta perempuan yang sungkan mandi di kali bisa mandi di rumah penduduk.
Karya-karya yang ditampilan dalam jambore merupakan hasil dari forum-forum yang diselenggarakan dalam jambore ini. Emi, ketua forum teater mengatakan bahwa dalam jambore ini forum teater menampilkan dua pementasan yaitu di hari kedua dan hari ketiga. Pementasan ini dikerjakan hanya dalam waktu itu juga, tidak ada persiapan dari rumah. “Bagaimana mau persiapan, lha wong teman-teman di forum teater ini juga baru daftar ketika sampai disini. Semua forum juga begitu. Jadi semua karya yang ditampikan disini pengerjaannya ya disini.”
Karya-karya ini menunjukkan interaksi dan kerjasama yang solid diantara warga belajar alternatif qaryah thayyibah dari beberapa titik yang sebelumnya jarang sekali bertemu. Maklum karena mereka tersebar di Salatiga, kab Semarang, Boyolali, dan Jepara. Namun begitu bertemu ide-ide mereka langsung bermunculan, didikusikan dan dituangkan dalam bentuk karya sesuai dengan forum pilihan masing-masing.
Dihari pertama cukup banyak peserta jambore dan sebagian panitia mengeluh karena kepanasan, banyak debu, sakit perut, dan sebagainya. Namun lama kelamaan mereka justru jatuh cinta dan merasa berat meninggalkan tempat yang ternyata sungguh indah. lapangan luas, dekat sawah, dikelilingi sungai yang jerih airnya, dekat masjid, dekat jalan raya, penduduknya ramah, makan juga murah. viewnya juga bagus. ada gunung di kejauhan, langit nampak biru lepas dan udara bersih dan segar di pagi hari serta petang yang tidak pernah bisa dilupakan.

Iklan

Entry filed under: Uncategorized.

Renungan 9 tahun SPPQT tess

1 Komentar Add your own

  • 1. iklan-karanggede  |  November 28, 2008 pukul 2:43 pm

    Wah, kebetulan nich, ada unsur Karanggedenya , saya punya website iklan nich, nih iklan gak cuma buat wong karanggede, semuanya boleh pasang koq!!

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Sekretariat:

Jln Ja'far Shodiq 36 Kalibening Tingkir Kota Salatiga. Phone (0298) 311438.
Agustus 2008
S S R K J S M
« Mei   Sep »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

%d blogger menyukai ini: