SPPQT memperingati hari tani

Oktober 8, 2008 at 9:03 am Tinggalkan komentar

Sekitar 75 petani, termasuk beberapa petani dari Kawasan Kedungombo, kawasan Sabuk hijau Kedungombo, Kawasan Gunung Merbabu dan Merapi dan kawasan Gunung Ungaran berkumpul di sekretariat SPPQT. Mereka berdiskusi dan buka bersama dalam rangka memperingati hari tani. Acara ini diselenggarakan pada rabo 24/9 mulai jam 13.00 hingga menjelang berbuka puasa.

Abdul rohim, koordinator acara ini menyatakan bahwa tema peringatan hari tani kali ini lebih difokuskan pada persoalan tanah untuk petani penggarap. Sehingga tema diskusi kemudian lebih diarahkan pada persoalan-persoalan tanah, baik dari segi kepemilikan, akses, serta keberadaan tanah atau lahan yang menganggur di berbagai kawasan di sebaran anggota SPPQT. “Itu tanah di kawasan Gunung Dukun Kedungombo, Kawasan Merbabu, Kawasan Merapi dan Ungaran, banyak yang bermasalah. Tanahnya menganggur sementara banyak petani di sekitarnya butuh lahan untuk bertani,” kata Abdul rohim. Daerah Gunung Dukun, kawasan sabuk hijau penyangga Kedungombo selama ini ditelantarkan perhutani karena sudah bertahun-tahun gundul.

Wagiyo, petani kawasan ungaran mengatakan bahwa saat ini ada lahan yang dikuasai PTPN di daerahnya yang sebenarnya sangat dibutuhkan warga. warga akhirnya banyak yang menebang kayu untuk memenuhi kebutuhan hidup. “Sangat aneh di tengah lahan kebun dan hutan yang menghasilkan komoditas berlimpah sementara petani di sekitarnya hidup dalam kemiskinan.” kata nya.

Diskusi berjalan cukup serius walaupun diselenggarakan di bulan puasa. Dari alokasi waktu yang disediakan masih terasa kurang dan masih banyak hal yang belum selesai didiskusikan. “Wah andaikan waktunya lebih panjang lagi, tentu diskusinya bisa lebih mendalam,” kata Sudadi, petani dari kawasan merapi.

Iklan

Entry filed under: Uncategorized.

tess Tuntutan SPPQT Dalam Rangka Hari Tani 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Sekretariat:

Jln Ja'far Shodiq 36 Kalibening Tingkir Kota Salatiga. Phone (0298) 311438.
Oktober 2008
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

%d blogger menyukai ini: