Workshop SPOI SPPQT

November 19, 2008 at 8:49 am 3 komentar

SPOI adalah sistem pejaminan organik secara internal. Workshop ini dimaksudkan untuk merumuskan sistem penjaminan terhadap komoditas organik khususnya padi di SPPQT. Workshop yang diikuti oleh perwakilan paguyuban yang mengimplementasikan bertani secara organik ini diadakan selama sehari pada Selasa 18 november 2008 di kantor sekretariat qaryah thayyibah. Ini menyusul semakin banyaknya anggota yang bertani padi secara organik sehingga mutu komoditasnya bisa dikontrol. dengan demikian organisasi akan memiliki sistem untuk mengontrol mutu beras organik yang diproduksinya.

Materi workshop berangkat dari beberapa definisi organik yang ada selama ini. Kemudian beberapa aspek penting mengenai bertani organik dimasukkan untuk memberi ruh dansemangat sehingga bertani organik tidak semata-mata berorientasi bisnis. Beberapa aspek itu diantaranya adalah aspek kemandirian petani, kedaulatan pangan, pemanfaatan segenap potensi alam yang ada dan dimiliki, melepaskan petani dari ketergantungan produk bibit, pupuk dan obat walaupun berlabel organik, dan tentunya bertani organik ini memberi kontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan terhadap petani.

Dengan demikian produk bertani organik yang sesuai dengan standart mutu yang ditetapkan organisasi itu nantinya akan memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan kesejahteraan petani. Bukan sebaliknya dimana kadang petani dituntut untuk menghasilkan komoditas yang bermutu tinggi tetapi hal itu tidak mmberikan kontribusi berarti karena beaya yang dikeluarkan petani terlalu tinggi. Sehingga keuntungan petani sedikit sekali setelah dipotong ongkos bibit, pupuk dan obat.

Dari workshop ini juga kemudian disusun tim yang akan menjalankan inspeksi terhadap praktek bertani organik para anggota SPPQT. Tim ini akan memberikan dampingan, pencatatan proses dan masukan-masukan sehingga petani bisa lebih dalam memahami bertani organik ala SPPQT. Tim ini pula yang akan melaporkan perkembangan dan mengumpulkan informasi mengenai praktek bertani organik yang ada sehingga perkembangannya bisa diketahui. Tim terdiri dari kader paguyuban yang memahami cara bertani organik ala SPPQT melalui workshop dan beberapa pelatihan.

Iklan

Entry filed under: Uncategorized.

Tuntutan SPPQT Dalam Rangka Hari Tani 2008 Pengembangan LSD SPPQT di Sragen dan Semarang

3 Komentar Add your own

  • 1. nora  |  Desember 24, 2008 pukul 4:50 pm

    ah………..biasa

    Balas
    • 2. sppqt  |  Desember 25, 2008 pukul 4:57 am

      petani memang bukan wisata mbak

      Balas
  • 3. nora  |  Desember 24, 2008 pukul 4:50 pm

    gaada yang asyik

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Sekretariat:

Jln Ja'far Shodiq 36 Kalibening Tingkir Kota Salatiga. Phone (0298) 311438.
November 2008
S S R K J S M
« Okt   Des »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

%d blogger menyukai ini: