Pengembangan LSD SPPQT di Sragen dan Semarang

November 20, 2008 at 5:43 am Tinggalkan komentar

Anggota SPPQT di Kabupaten Semarang dan Sragen yaitu PP Gedongsongo di kecamatan Sumowono dan PP Girimanunggal kec. Miri mengembangkan Lumbungsumberdaya/LSD. LSD ini untuk mendukung kinerja lembaga paguyuban khususnya support teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan ekonomi. Pengembangan LSD ini dikembangkan bekerjasama dengan Combine Resource Institute/ CRI. Diharapkan LSD ini bisa memberi support bagi pengembangan koperasi dan usaha ekonomi di dua paguyuban tersebut.

LSD adalah media bagi seluruh warga dan masyarakat tani untuk bersinergi, bersatu dan bersama-sama menggabungkan sumberdaya dan alat produksi yang mereka miliki agar bisa digunakan untuk berproduksi. ini sebagai upaya untuk mempermudah akses petani terhadap alat produksi, informasi, pengetahuan dan resources lain yang dibutuhkan. lembaga ini berbasis keanggotaan sehingga ada ikatan yang jelas dan bukan sebagai lembaga penyewaan yang berorientasi profit semata.

Pengelolaan dan keberlanjutan lembaga ini nantinya ada ditangan anggota setelah sebelumnya melalui pendampingan dan asistensi intensif sebelum lumbung sumbe daya ini bisa berjalan mandiri dan kuat membeayai keberlangsungannya. diharapkan lembaga ini bisa semakin berkembang dengan semakin terbangunnya kepercayaan anggota untuk menginvestasikan barangnya di lumbung agar bisa diambil manfaatnya oleh dirinya sendiri dan anggota yang lain dengan sewa yang memadai.

Hal menarik dari LSD ini adalah ketersediaan resources teknologi informasi. Dalam hal inilah keterlibatan CRI menjadi penting dimana sumber dan pengelolaan serta pemanfaatan informasi merupakan hal tidak bisa sepenuhnya disediakan dan dikelola petani saat ini. Penyediaan sarana internet, system untuk LSD dan support lembaga ini terhadap pengembangan lembaga usaha dan keuangan seperti koperasi dan gardu tani di tingkat membutuhkan keikutsertaan pihak luar untuk membantu dan memfasilitasi beberapa hal yang dibutuhkan.

Program yang dimulai pada kuartal pertama tahun 2008 ini terus berlanjut. Sampai saat ini telah dilakukan pelatihan mengentri data ke komputer. Beberapa waktu sebelumnya ada workshop untuk membangun dan mengembangkan wacana lumbung sumber daya. Workshop ini diikuti kader perwakilan dari PP Gedongsongo dan PP Girimargo. dan yang melakukan entri data juga mereka yang sebelumnya mengikuti workshsop tentang LSD ini.

Iklan

Entry filed under: Uncategorized.

Workshop SPOI SPPQT Pelatihan PGS SPPQT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Sekretariat:

Jln Ja'far Shodiq 36 Kalibening Tingkir Kota Salatiga. Phone (0298) 311438.
November 2008
S S R K J S M
« Okt   Des »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

%d blogger menyukai ini: