SPPQT evaluasi di 1600 dpl

Januari 6, 2009 at 7:07 am Tinggalkan komentar

Pada tanggal 30-31 Desember 2008 puluhan pegiat SPPQT berkumpul di Paguyuban Petani Bumi Madani Merbabu, Desa batur Getasan kab semarang. Mereka selama 2 hari itu serius mengevaluasi kinerja lembaga selama tahun 2008. Kemudian dilanjutkan dengan menyusun rencana kerja tahun 2009. Hadir dalam kegiatan ini seluruh staff sekretariat, utusan paguyuban, dan dewan pimpinan petani. Mereka tidur di rumah-rumah petani anggota paguyuban. Diskusi serius ini makin mendalam karena udara dingin yang mencekam. PP Bumi Madani Merbabu berada di ketinggian di atas 1600 meter dpl. kebayang kan dinginnya?
Ada beberapa catatan penting dari evaluasi kinerja lembaga SPPQT selama tahun 2008. catatan penting dianalisis dan kemudian menjadi landasan menyusun program di tahun berikutnya. Catatan penting itu terkelompokkan berdasarkan pada kelompok kerja masing-masing yaitu departemen, supporting system, dan lembaga otonom. Turut dievaluasi juga adalah kinerja Dewan Pimpinan Petani yang merupakan representasi anggota dan memiliki mandat menyusun kebijakan organisasi. Jadi ada tiga departemen yaitu departemen pengembangan pertanian organik, departemen pembangunan Organisasi, Departemen advokasi. Supporting system terdiri atas Teknologi komunikasi dan informasi, Database dan penerbitan serta kerumah tanggan dan Lumbung tingkat sekretariat. Adapun DPP meliputi seluruh komisi termasuk pimpinan hariannya.
Di dalam kegiatan ini diadakan juga kunjungan ke lahan pertanian para anggota di Paguyuban. Paguyuban Petani Bumi Madani Merbabu ini mengembangkan budidaya sayuran karena letaknya di dataran tinggi. Peserta dikelompokkan pada kelompok pembibitan, peternakan, greenhouse, pembuatan pupuk organik dan beberapa kelompok lainnya termasuk kelompok advokasi lahan, koperasi serba usaha, dan pembuatan perdes. Kunjungan ini merupakan apresiasi terhadap capaian-capaian kinerja paguyuban sekaligus menjadi media bertukar informasi dan shaing pengalaman dari masing-masing paguyuban atas kinerjanya.
Evaluasi dan perencanaan program ini dilakukan rutin setiap tahun dalam agenda rapat kerja pimpinan (Rakerpim). Rakerpim dilakukan minimal satu tahun sekali dengan agenda salah satunya adalah evaluasi dan perencanaan program. Rakerpim dihadiri jajaran pimpinan SPPQT. Tetapi kemudian melibatkan perwakilan paguyuban selaku pelaksana dan sasaran program  dan departemen, support system beserta staffnya selaku koordintor program.

Iklan

Entry filed under: Uncategorized.

Pelatihan PGS SPPQT Desa Indah SPPQT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Sekretariat:

Jln Ja'far Shodiq 36 Kalibening Tingkir Kota Salatiga. Phone (0298) 311438.
Januari 2009
S S R K J S M
« Des   Apr »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

%d blogger menyukai ini: