Tiga Titik Lagi On-Line

Mei 18, 2009 at 10:22 am Tinggalkan komentar

Setelah Kalibening, Tingkir, Susukan dan Sekretariat SPPQT terhubung internet kini sudah dua paguyuban lagi yang terhubung ke internet. Ketiga paguyuban anggota SPPQT itu adalah Paguyuban Petani Giri Margo di Kecamatan Miri, Kab Sragen; Paguyuban Petani Harapan Makmur di Kec Suruh, Kab Semarang dan Paguyuban Petani Gedong Songo di Kec Sumowono Kab Semarang. Perihal aktifitas dari para pegiat di ketiga paguyuban tersebut bisa dilihat dari http://www.sppqt.or.id. Mereka sudah mulai posting tulisan dengan tulisan ala kadarnya.
Ini adalah bagian  dari kerjasama antara CRI dan SPPQT untuk program penguatan ekonomi petani yaitu supporting system informasi untuk Paguyuban Gedong Songo dan pengembangan lumbung sumberdaya. Pengembangan sistem informasi di Paguyuban Petani Gedong Songo dan Giri Margo adalah untuk menunjang dua hal tersebut yaitu koperasi simpan pinjam dan lumbung sumberdaya. Lumbung sumberdaya adalah wadah bagi para anggotanya untuk membangun keberdayaan akan akses terhadap alat untuk lebih produktif. Adapun sumberdaya itu sendiri di bangun dimulai dari yang dimiliki para anggota. Jadi seluruh anggota saling melengkapi, saling memanfaatkan dan saling menolong.
Adapun yang untuk koperasi keberadaan sistem informasi berupa koneksi internet digunakan untuk lalu lintas data antar koperasi cabang dan koperasi pusat. Mereka bisa berkirim email laporan dan perencanaan kerja, bisa browsing dan sebagainya. Dengan demikian diharapkan komunikasi antar koperasi di beberapa titik yang sudah terhubung internet bisa lebih lancar dan menunjang kinerja lembaga tadi. dengan demikian harapan agar koperasi bisa meningkatkan kesejahteraan anggota akan terwujud.
Berkaitan dengan lumbung sumberdaya baik di Gedong Songo dan Giri Margo susah ada orang yang dipasrahi mengelola. Di Gedong Songo namanya Dono. Dono inilah yang kemudian mengorganisisr teman-teman muda lainnya untuk beraktifitas terkait dengan internet dan lumbung. Adapun di Giri Margo ada Heri. Orang ini juga yang akan mengkoordinir teman-teman muda di Giri Margo untuk beraktifitas dan berinteraksi di lumbung sumberdaya dan online di internet.
Di Gedong Songo sudah diadakan pelatihan penulisan. Harapannya beberapa peristiwa dan perkembangan di sana bisa terekam baik dalam suatu tulisan yang bisa di tayangkan online. Penginnya ya tulisan tersebut mematuhi kaidah-kaidah jurnalistik dan sesuai dengan bahasa yang mudah, efektif dan bisa dipahami pembaca. Akan tetapi hasilnya seperti apa tentu itu adalah bagian dari proses. ke depan harapannya bisa lebih baik. (mujab).

Iklan

Entry filed under: Uncategorized.

Pegiat Qaryah Thayyibah di Facebook Pertanian dan Neoliberalisme..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Sekretariat:

Jln Ja'far Shodiq 36 Kalibening Tingkir Kota Salatiga. Phone (0298) 311438.
Mei 2009
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

%d blogger menyukai ini: