Qaryah Thayyibah University was born

Juli 6, 2007 at 6:54 pm 20 komentar

Dengan semangat dan rasa berani pegiat pendidikan di serikat paguyuban petani qaryah thayyibah menyelenggarakan pendidikan pasca SMU. Lembaga ini sebagai kelanjutan dari jalur pendidikan yang telah ada sebelumnya yaitu SMP-SMU Alternatif qaryah thayyibah. Pendidikan pasca SMU ini kemudian disepakati berbentuk universitas dan diberi nama universitas qaryah thayyibah.

Walaupun proses pendaftaran baru saja tutup beberapa hari yang lalu (5/7) akan tetapi proses pembelajaran sebenarnya telah dimulai sejak tanggal 18 juni 2007. pada hari itu diadakan kuliah umum sekaligus membangun orientasi belajar bersama. semenjak itu pertemuan telah terus dilakukan dan hingga pendaftaran ditutup para mahasiswa yang telah mendaftar terlebih dahulu sudah menjalani proses perkuliahan. beberapa diantara mereka bahkan telah mempresentasikan tulisan dan karya lain yang telah mereka hasilkan.
pertemuan diawali dengan perkuliahan umum yang kemudian langsung diikuti dengan diskusi yang  bersifat orientatif terhadap perkuliahan yang akan dijalani. pertemuan berikutnya mengarah pada upaya saling mengenal dan memahami karakter masing-masing mahasiswa dan mulai bertukar pendapat mengenai pola perkuliahan yang hendak dijalankan. pertemuan selanjutnya sudah menyepakati untuk memulai membuat karya, tulisan, hasil pengngamatan dan penelitian ringan mengenai apa saja dan dirumuskan dalam bentuk tulisan atau karya yang lain. kemudian diikuti dengan pertemuan satu minggu sesudahnya dengan mempresentasikan beberapa tulisan dan karya para mahasiswa.
universitas ini saat ini telah mendaftar sejumlah 40 orang mahasiswa. mereka terdiri dari bermacam- macam latar belakang pendidikan dan kehidupan. Ada yang fresh lulusan SMU, ada yang telah lama menganggur pasca SMU, ada juga yang telah bekerja. Sebagian yang lain adalah sosok yang telah lama berkiprah di masyarakat, di pesantren, di lembaga pendidikan dan organisasi tani juga ada. Bahkan nampak diantara peserta adalah sudah meraih gelar sarjana yang merasa masih bersemangat untuk belajar karena mungkin ketika kuliah dulu mereka malas kuliah.
universitas qaryah thayyibah ini melengkapi rangkaian pendidikan yang diselenggarakan qaryah thayyibah sebagai upaya untuk melahirkan generasi yang cerdas, berdaya, merdeka dan mandiri, yang bisa peka dan paham akan persoalan dirinya dan masyarakat disekitarnya, serta memahami lingkungannya. Mahasiswa diajak untuk berkarya, mempresentasikan karyanya, dan memiliki kesediaan untuk terus belajar dan memperbaiki diri untuk menuju ke arah yang lebih baik.

Pada bagian lain mahasiswa juga diajak unjuk mendengarkan, memperhatikan, mengkritisi, memahami pendapat dan karya mahasiswa lain serta diminta agar tidak segan-segan memberikan sumbangsih saran dan masukannya terhadap persoalan dan masalah yang diajukan dalam presentasi temannya. Perkuliahan dilakukan di gedung resources center di samping rumah yang digunakan untuk pembelajaran SMP-SMU alternatif di kalibening salatiga. Perkuliahan terkesan sederhana dan apa adanya namun nampak sangat yang besar dari para mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan, mempresentaiskan karyanya serta menyimak dan mengkritisi karya teman mahasiswa lainnya.
Format perkuliahan masih terus mereka rancang dan hingga saat ini para mahasiswa belum menemukan konsep yang utuh. Proses pencarian bersifat dinamis dan mengikuti perkembangan yang ada mengingat mahasiswa tidak bareng dalam memulai kuliah.

Universitas Qaryah Thayyibah tidak menerapkan prosedur dan birokrasi yang sulit dalam menerima mahasiswa. Jurusan juga tidak ditentukan oleh sekolah. Mahasiswa memiliki ruang dan kesempatan untuk belajar pada bidang yang merekau sukai atau yang mereka butuhkan. satu mahasiswa tidak dibatasi dengan satu bidang kajian. Ia boleh mengkaji apa saja selama kuliah di universitas ini.

pengin tahu lebih jauh?

Iklan

Entry filed under: Uncategorized.

Pengin menyediakan akses internet untuk petani, SPPQT dolan ke Telecenter Semeru Sewindu Qaryah Thayyibah

20 Komentar Add your own

  • 1. STR  |  November 1, 2007 pukul 2:08 pm

    Salut buat SPPQT yang sudah berani merevolusi dunia pendidikan dengan jalur alternatifnya!

    Balas
  • 2. abu fawwaaz  |  April 10, 2008 pukul 10:28 am

    kok gak pernah di update…
    programnya apa niiii tuk petani….

    Balas
  • 3. Riful  |  Oktober 9, 2008 pukul 4:56 am

    Universe is Our Uniniversity

    Balas
  • 4. dony  |  Oktober 31, 2008 pukul 3:37 am

    bebas….
    bebas…
    merdeka…
    merdekaa…

    Balas
  • 5. Brilliantika Resy Febriani  |  Desember 7, 2008 pukul 12:59 pm

    saya sering denger tentang smpnya dan kagum sekali. Tapi masalahnya skrg dah kls 3 sma .nggak mungkin ngulang .Klo pengen gabung haruskah domisili sana? saya tinggal di ungaran. Apakah khusus muslim? masalah biaya bgmn?

    Balas
  • 6. sppqt  |  Desember 9, 2008 pukul 8:38 am

    beaya sekolah disepakati antara wali murid dan pihak sekolah. maksimal tidak terbatas minimal Rp. 0. tidak harus muslim karena tidak semua kegiatan sekolah berbasis kegiatan agama. selama ini yang gabung di qaryah thayyibah ya domisili di sini. karena sekolah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. belajar di qaryah thayyibah tidak terbatasi kelas. kelas hanya untuk membedakan angkatan saja. di sini yang lulusan SMU juga banyak. tetap bisa belajar dengan nyaman. datang saja ke qaryah thayyibah dan bisa bicara lebih jauh. (pendamping qaryah thayyibah)

    Balas
  • 7. AveRroeSa  |  Desember 12, 2008 pukul 10:43 pm

    UrEka……ini bener-bener pendidikan alternatif yg telah ditunggu2 masyarakat Indonesia sejak lama. model pendidikan yang bisa membuat peserta didik merasa lebih aman dan nyaman secara psikologis sehingga bisa lebih bebas berekspresi dan berkreasi….. so InSpiRing…..Jayalah Qaryah Thayyibah…….

    Balas
  • 8. agus sugiyanto  |  Februari 9, 2009 pukul 3:25 am

    Salut buat sekolah alternatif, termasuk universitas cerdas.
    Saya pingin kerjasama dengan Serikat Paguyuban Petani dan mahasiswa yang tertarik wirausaha. Saya punya peluang usaha di bidang agribisnis yang menjanjikan. Mari kita ciptakan wirausaha-wirausaha handal. Terus terang saya lulusan SMEA Negeri Salatiga tahun 1987. Sekarang tinggal di Semarang.
    Silakan hubungi saya di 081 326 144 630.

    Balas
  • 9. Sutasno  |  Maret 4, 2009 pukul 3:03 am

    Saya pernah ke Qaryah Thayyibah, ingin tahu langsung ke lokasi dan ternyata memang… I can say nothing but It’s great. It comes from the real inner heart of the founders. Hope god bless you all, Founders.

    Balas
  • 10. hamdi  |  Maret 16, 2009 pukul 12:46 pm

    saya pengen skolah di sana! bisa gak? tapi umur saya 17th!

    Balas
  • 11. hamdi  |  Maret 16, 2009 pukul 12:48 pm

    klo bsa cepet2 d bls!

    Balas
  • 12. SUWARDI  |  Maret 22, 2009 pukul 1:27 am

    saya pengen sekali bisa gabung di salah satu program pendidikan di Qaryah Thayyibah. tapi karena keterbatasan waktu dan tempat, saya belum bisa mewujudkan ini. tolong dong dikasih saran.

    Balas
  • 13. Rin  |  Desember 7, 2009 pukul 4:55 pm

    Saya jg pengen kuliah di sana. Tapi jauh, y. Saya tinggal di Jogja soalny. Pdhl ini jenis sekolah yg saya idam2kn sjk SMA stlh bc buku Summerhill School. Lgpl sy jg blm lulus SMA (kmrn gagal ikut UN krn mogol-stres sm sistem, he3). Gmn dong? Boleh kuliah g klo g lu2s SMA? =p
    Atau Q-Tha ad rencana bikin asrama?

    Balas
  • 14. Rin  |  Desember 7, 2009 pukul 4:59 pm

    Oya, terus bgmn dg dosen2ny? Ad dosen jurusan ap saja? Maaf saya byk tany, tp sy berharap pertanyaan sy bs dijwb krn utk ke Salatiga sendiri butuh meluangkan waktu jg jd sy berharap dr website ini sy dan umumny tmn2 yg lain yg penasaran bisa dpt info dr sini. Terimakasih.

    Balas
  • 15. mujab  |  Januari 9, 2010 pukul 5:10 am

    di qaryah thayyibah bisa belajar dari jarak jauh kok. itu ada fb dengan nama universitas kehidupan. isinya anak2 qaryah thayyibah. ndak ada dosen, yang ada teman belajar. sekali2 maen aja ke qaryah thayyibah bertemu dengan beberapa teman, selanjutnya bisa bicarakan bagaimana enaknya. disana ada pak ahmad darojat, pak taha, dll yg bisa memberi keterangan

    Balas
  • 16. syams  |  Februari 25, 2010 pukul 7:17 pm

    bukankah sekolah qaryah thayyibah ini,,adalah sebuah sekolah komunitas yang gimana para siswa adalah guru dan guru adalah siswa..”belajar sama-sama mengajar sama-sama” kenapa para kalian tidak mendirikan di komunitas kalian sendiri?..dengan cara berdiskusi satu sama lain..bukankah kalian bisa sharring dengan anggota kalian sendiri..sekolah komunitas seperti ini tak perlu tempat ataupun ruang yang terpenting adalah kemauan kalian.
    dirikanlah sendiri sebuah forum study yang kalian inginkan sendiri dengan begitu akan lebih banyak sekolah seperti ini…seperti yang dilakukan oleh babe Bahrudin,,ataupun Servern Suzuki..

    Balas
  • 17. fitri  |  Maret 13, 2010 pukul 12:20 pm

    apa aja ya syarat masuk unv Qaryah Thayyibah??
    tolong donk..

    Balas
    • 18. sppqt  |  Maret 24, 2010 pukul 11:15 am

      syaratnya punya semangat belajar dengan ataupun tanpa orang lain. untuk syarat lainnya bisa datang se qaryah thayyibah. disana bisa saling berbagi dengan teman lain yang belajar di qaryah thayyibah.

      Balas
  • 19. Yudi Iskandar  |  April 14, 2010 pukul 2:06 am

    Apa nama situs online Pendidikan Alternatif Qaryah tayyibah saat ini? kok yang http://www.Pendidikansalatiga.net/qaryah ga connect ya?

    Balas
  • 20. hikmah  |  Oktober 4, 2010 pukul 7:22 am

    asalamualikum wr.wb.
    aku tu pengen banget ikutan sekolah kayak gitu tapi aku udah masuk ke lembaga pendidikan formal,sekarang udah kelas 1 sma .di salatiga.aku mau banget ikutan tapi ada gak ya program setelah pulang sekolah ya sekitar jam 2 an siang gitu heheah tolong dibales ya…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Sekretariat:

Jln Ja'far Shodiq 36 Kalibening Tingkir Kota Salatiga. Phone (0298) 311438.
Juli 2007
S S R K J S M
« Mei   Agu »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

%d blogger menyukai ini: